• Jl. Raya Pakuwon Km 2 Parungkuda
  • (0266) 6542181, 082127038923 (WA)
  • [email protected]
Logo Logo
  • Beranda
  • Profil
    • Overview
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Tugas & Fungsi
    • Pimpinan
    • Satuan Kerja
    • Sumber Daya Manusia
    • Logo Agrostandar
  • Informasi Publik
    • Portal PPID
    • Standar Layanan
      • Maklumat Layanan
      • Waktu dan Biaya Layanan
    • Prosedur Pelayanan
      • Prosedur Permohonan
      • Prosedur Pengajuan Keberatan dan Penyelesaian Sengketa
    • Regulasi
    • Agenda Kegiatan
    • Informasi Berkala
      • LHKPN
      • LHKASN
      • Rencana Strategis
      • DIPA
      • RKAKL/ POK
      • Laporan Kinerja
      • Capaian Kinerja
      • Laporan Keuangan
      • Laporan Realisasi Anggaran
      • Laporan Tahunan
      • Daftar Aset/BMN
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Setiap Saat
      • Daftar Informasi Publik
      • Standar Operasional Prosedur
      • Daftar Informasi Dikecualikan
      • Kerjasama
  • Publikasi
    • Buku
    • Pedum/ Juknis
    • Infografis
  • Reformasi Birokrasi
    • Manajemen Perubahan
    • Deregulasi Kebijakan
    • Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
    • Penataan dan Penguatan Organisasi
    • Penataan Tata Laksana
    • Penataan Sistem Manajemen SDM
    • Penguatan Akuntabilitas
    • Penguatan Pengawasan
  • Kontak

Berita BRMP TRI

Balai Perakitan dan Pengujian Tanaman Industri dan Penyegar

Thumb
574 dilihat       08 November 2023

Sosialiasi Integrasi Data, Microservice, dan CMS Kementan

Dalam rangka mencapai performa Kementerian Pertanian (Kementan) yang optimal, Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) mengadakan acara Sosialisasi Integrasi Data, Microservice, dan CMS (Content Management System) lingkup Kementan pada hari Senin (06/11/2023). Acara yang diikuti oleh seluruh eselon I, UK/UPT lingkup Kementan ini menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten di bidangnya. 

Beberapa materi yang disampaikan salah satunya adalah integrasi data. Tujuan atau pentingnya Integrasi data dan aplikasi antara lain:

  1. Memungkinkan berbagi data, informasi, fungsi dan layanan
  2. Layanan yang lebih baik sesuai kebutuhan (customer centric) segmen/kelompok masyarakat yang dilayani
  3. Bisnis proses yang lebih efisien (tidak redundan, proses lebih cepat)
  4. Memungkinkan akun tunggal bagi setiap pengguna
  5. Tingkat matrik pertumbuhan terpantau lebih baik
  6. Tersedia informasi, knowledge dashboard, statistik antar objek data yang diharapkan menjadi dasar pengambilan kebijakan
  7. Memungkinkan pengembangan inovasi yang lebih cepat

Materi selanjutnya adalah arsitektur microservices dalam pengembangan aplikasi yang berkelanjutan. Pada materi ini dijelaskan kelebihan dan kekurangan dari penerapan arsitektur microservice. Microservice merupakan paradigma yang saat ini populer digunakan dalam mengembangkan sistem aplikasi. Hal ini didasari oleh keunggulan microservice yaitu agility, fleksibilitas, skalabilitas, dan ketersediaan tools untuk mengotomatisasi proses-proses dalam microservice.

Walaupun menawarkan banyak keunggulan, implementasi microservice dalam jumlah besar di lingkungan jaringan yang kompleks perlu memperhatikan infrastruktur yang digunakan, baik yang berdiri sendiri maupun satu paket kerangka kerja arsitektur. Infrastruktur penerapan microservice tersebut meliputi Application Programming Interface (API) Gateway dan jejaring layanan (service mesh).

Materi terakhir adalah sosialisasi pengajuan dan penggunaan CMS Kementan. CMS Kementan merupakan suatu teknik manajemen yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh informasi mengenai kegiatan kerja, pengumuman serta regulasi-regulasi yang sedang berlaku di lingkungan Kementan. Tujuan dibuatnya Aplikasi CMS Kementan ini adalah memudahkan semua unit organisasi dalam menyampaikan dan memperbaharui informasi.

Pengunaan CMS Kementan secara konsisten dan berkesinambungan dapat dijadikan suatu tolok ukur bagi unit organisasi untuk meningkatkan produktivitas kerja serta langkah-langkah lainnya untuk meningkatkan pembinaan, penyempurnaan dan pendayagunaan aparatur negara baik dari segi kelembagaan maupun dari segi pengelolaan sumber daya manusia.
 
Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan dapat menciptakan profesionalisme sumber daya manusia yang memadai serta menciptakan organisasi yang right-sizing, efektif, dan efisien pada setiap unit organisasi di lingkungan Kementan, sehingga pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik yang dilandasi semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. (Arifa Chan/Nursilan)

Prev Next

- administrator


Pencarian

Berita Terbaru

  • Thumb
    Kopi Artisanal dan Evolusi Selera Konsumen Modern
    18 Mei 2025 - By administrator
  • Thumb
    Pelantikan dan Pengukuhan Jabatan di Lingkup BRMP
    15 Mei 2025 - By administrator
  • Thumb
    RI Bakal Kebanjiran Beras Lokal
    11 Mei 2025 - By administrator
  • Thumb
    Wamentan: Peran BRMP krusial angkat posisi RI ke dunia
    10 Mei 2025 - By administrator
  • Thumb
    Wamentan mengungkap potensi B100 usai uji coba di Sukabumi
    10 Mei 2025 - By administrator

tags

Content Management System Framework Integrasi Data Kementan Kementerian Pertanian Microservice Sosialiasi

Kontak

(0266) 6542181, 082127038923 (WA)
(0266) 6542087
[email protected]

Jl. Raya Pakuwon Km. 2, Parungkuda, Sukabumi 43357 Jawa Barat Indonesia

https://tanamanindustri.bsip.pertanian.go.id

© 2025 - 2025 Balai Perakitan dan Pengujian Tanaman Industri dan Penyegar. All Right Reserved